Sabtu, 06 Februari 2016

TAHURA WAN ABDUL RACHMAN



Kawasan hutan calon TAHURA di Propinsi Lampung seluas 22.244 Ha ditetapkan sebagai TAHURA Wan Abdul Rachman berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 742/Kpts-II/92 tanggal 21 Juli 1992, secara administratif pemerintahan terletak di Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kedodong, Gedong Tataan dan Padang Cermin Kota Madya Bandar Lampung, sedangkan pengelolaannya di bawah Balai Konservasi Sumber Daya Alam II Tanjung Karang.


TAHURA Wan Abdul Rachman memiliki topografi bergelombang ringan sampai berat dan sebagian datar, di dalam kawasan terdapat 4 (empat) buah gunung yaitu : G. Rantai (1.671 m dpl), G. Pesawar (661 m dpl), G. Betung (1.240 m dpl) dan G. Tangkit Ulu Padang Ratu (1.600 m dpl), dengan klasifikasi iklim Schmid dan Ferguson TAHURA Wan Abdul Rachman termasuk tipe iklim B dengan curah hujan rata-rata 2.422 mm per tahun. Suhu udara berkisar antara 24C-26C.

Flora
Vegetasi hutan di TAHURA Wan Abdul Rachman memiliki tipe vegetasi Hutan Hujan Tropis yang didominasi oleh Medang (Litsea firmahoa), Rasamala (Antingia excelsa), Merawan (Hapea mengawan, dan berbagai jenis anggrek serta paku-pakuan serta rotan.

Fauna
Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman memiliki potensi fauna yang antara lain : Harimau loreng sumatera (Panthera tigris sumatrensis, Tapir (Tapirus indicus), Kambing hutan (Nemorchaedus sumatrensis), Rusa (Cervus unicolor), Beruang madu (Helarector melayanus) dan lain-lain.

Daya tarik obyek
TAHURA Wan Abdul Rachman memiliki daya tarik obyek wisata alam yang cukup beragam, seperti pemandangan alam Teluk Lampung, terdapat juga 5 (lima) buah air terjun, yang sangat menarik adalah pemandangan Kota Bandar Lampung di waktu malam.
Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan
Beberapa kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan diantaranya adalah : lintas alam, menikmati pemandangan alam, berkemah, mandi di air terjun dan lain-lain.

Sarana kemudahan dan pelayanan
Beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata alam di TAHURA Wan Abdul Rachman adalah : pintu gerbang, shelter, pos jaga, MCK, jalan setapak dan lain-lain.

Pencapaian ke lokasi
TAHURA Wan Abdul Rachman dapat dicapai dari Kota Bandar Lampung melalui route : Lampung - Hanura (lokasi Tahura ) 12 km.

Peluang Usaha
usaha yang dapat dikembangkan di TAHURA Wan Abdul Rachman antara lain adalah : usaha jasa akomodasi dan konsumsi, usaha jasa pemandu wisata alam dan usaha jasa transportasi.

TAHURA Wan Abdul Rahman ini memiliki tipe vegetasi Hutan Hujan Tropis yang didominasi oleh tumbuhan Medang (Litsea firmahoa), Rasamala (Antingia excelsa), Merawan (Hapea Mengawan), dan berbagai jenis anggrek serta tumbuhan paku-pakuan dan juga rotan.

Selain flora yang tumbuh, di TAHURA Wan Abdul Rahman ini juga masih banyak fauna langka yang dilindungi, diantaranya Harimau loreng Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Tapir (Tapirus indicus), Kambing hutan (Nemorchaedus sumatrensis), Rusa (Cervus unicolor), Beruang Madu (Helarector melayunus), Elang, Kakaktua, dan masih banyak fauna lainnya.
TAHURA Wan Abdul Rahman ini punya beragam daya tarik objek wisata alam yang indah, antara lain air terjun yang terdiri dari 7 tingkatan, keindahan alam Teluk Lampung yang bisa dilihat dari atas gunung, konservasi hewan-hewan dan tanaman langka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar